Senin, 28 Mei 2012

ALAT MUSIK SUKU SASAK (GENDANG BELEQ


ALAT MUSIK SUKU SASAK (GENDANG BELEQ)
Gendang belek adalah alat musik tradisional suku sasak dengan menggunakan peralatan yang sangat sederhana dan dapat menghasilkan suara yang sangat merdu dan enak didengar maupun ditonton. Gendang beleq ini berdasarkan sejarahnya didirikan pada zaman kerajaan Lombok Berjaya sebagai penyambut raja-raja yang berkunjung ke kerajaan Lombok dan gendang beleq ini masih terkenal saat ini.
Gendang beleq ini merupakan gendang beleq yhang sangat sacral karena dapat digunakan untuk menyambut pemerintah-pemerintah yang datang ke Lombok, dalam rangka pertemuan-pertemuan, pertujukan-pertunjukan seni budaya serta upacara adat sasak seperti nyongkolan, khiatan dan ivent bau nyale.

Gendang beleq ini pada zaman kepemerintahan presiden  RI almarhum Suharto pernah mendapat kejuaraan nasional yang saat itu menduduki peringkat pertama. Oleh sebab itu, saat ini gendang beleq sangat di senangi oleh masyarakat Lombok dan selalu di pertontonkan khususnya pada saat hari-hari besar dan upacara adat karena dengan menggunakan alat music tradisional sasak atau gendang beleq ini dapat mencirikan bahwa kita yang berada di Lombok ini sebagai masyarakat suku Sasak. 
Demikian ulasan singkat tentang gendang beleq ini semoga teman-teman,Ibu/Bapak yang menyukai alat musik yang kami punya sebagai masyarakat Lombok dapat menghibur kalian. Bagi yang berminat untuk menonton gendang beleq ini saudara/I sekalian dapat melihatnya setiap hari di acara-acara adat yang diadakan oleh masyarakat kami di suku sasak Lombok yang tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar