Senin, 28 Mei 2012

OBJEK WISATA TENUN (KERAJINAN SONGKET)DI DESA SUKARARA


OBJEK WISATA TENUN (KERAJINAN SONGKET)DI  DESA SUKARARA
Sukarara merupakan sebuah tempat kerajinan tenun yang sangat populer di wilayah Lombok Tengah tepatnya di Sukarara. Dusun sukarara ini, dapat ditempuh kurang lebih 20 menit dari Bandara Internasional Lombok dan kurang lebih 15 menit dari kota Praya. Hasil kerajinan atau hasil dari tenun di Sukarara ini salah satunya adalah songket.
Songket merupakan perpaduan beberapa benang kemudian diukir dengan peralatan tenun atau istilah dalam bahasa sasaknya adalah sensek yang mana hasil kain tenun tersebut merupakan salah satu tradisional suku sasak yang terkenal di Nusa Tengara Barat bahkan sampai keluar daerah dan mancanegara. Adapun salah satu contoh songket yang di maksud adalah seperti di gambar berikut yang berada di belakang foto saya:

Songket ini dapat dijadikan souvenir atau oleh-oleh bagi yang berkunjung di Sukarara. Songket hasil produksi para penenun di Sukarara sudah di exsport ke berbagai macam Negara dengan berbagai macam corak atau hiasan dari songket tersebut. Para penenun songket ini juga memberikan kemudahan bagi para pemesan untuk memilih sendiri bentuk dan warna dari songket tersebut. Bagi teman-teman yang tertarik ingin mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan bagaiman cara pembuatan songket ini anda bisa langsung berkunjung ke Sukarare. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar