Senin, 28 Mei 2012

wisata gunung rinjani


WISATA GUNUNG RINJANI

Gunung rinjani merupakan salah satu gunung yang terbesar di pulau Lombok dan menduduki nomor 6 gunung terbesar di Indonesia. Gunung Rinjani terletak di sebelah Timur pulau Lombok tepatnya di Lombok Timur Indonesia. Gunung rinjani memiliki Goa-goa besar salah satunya adalah goa susu.
Goa susu adalah tempat ideal untuk tempat meditasi. Goa ini digunakan khusus orang-orang dengan fikiran kotor dan suka berpikiran jahat dengan sendirnya akan kesulitan memasuki goa ini, yang mana goa ini punya jalan masuk yang sangat sempit akan tetapi bisa dilewati hanya orang-orang yang bersih jiwanya yang dengan mudah bisa memasukinya. Didalan goa ini air menetes dari ujung batu yang nampak seperti putting susu, jadi orang bilang air di dalam goa rasanya sangat beda. Di dalam goa susu terasa panas dan banyak asap yang nampak seperti asap dapur untuk itulah orang-orang menamakannya kukus atau rumah yang panas.
Di gunung Rinjani ini juga memiliki Kawah Danau Segara Anak. Danau segara anak sangat luas nampak seperti laut biru. Nama segara anak sendiri artinya anak laut. Danau segara anak terletak di tengah pergunungan Rinjani, Danau ini banyak menyimpan berbagai misteri dan kekuatan gaib. Orang akan merasa senang untuk tinggal berlama-lama di tempat ini karena banyaknya arwah-arwah yang misterius yang mendiami tempat di sekitar danau ini.
Orang-orang suku sasak percaya bahwa, jika danau nampak luas dari kejauhan itu tandanya mereka hidup lebih lama tetapi jika danau nampak sempit dari kejauhan itu tandanya mereka berumur pendek. Hal ini memang banyak para orang tua dulu mengatakan seperti itu agar tidak pesimis dengan keyakinan ini ada baiknya orang-orang secepatnya membersihkan dirinya dengan mengeluarkan/memperlihatkan jiwa-jiwa yang tenang dan tetap menatap danau dengan senang. Di dalam area danau ini tidak boleh/dilarang melakukan hubungan seksual, marah atau berkata kotor dimana kita harus bersabar pada saat menghadapi masalah.
Untuk para pengunjung disarankan apabila mau berkunjung sebaiknya tidak membawa barang-barang yang berat, orang tua jumpo dan anak-anak kecil. Untuk menggapai puncak gunung rinjani maka dapat ditempu sehari semalam dengan menggunakan jalan kaki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar